Harapan Baru

Hari demi hari gue lewatin dengan sedikit sedih yang nyisa dari apa yang udah menimpa gue saat itu.  Namun harapan datang tak terhindari.  Walau masih sangat sedih buat jatuh cinta dan masih sangat rentan buat disakitin lagi, gue tetep ga bisa nolak gejolak yang ada pada diri gue.  Hati gue kayak ngajak gue untuk coba jatuh cinta lagi.  Ya, gue jatuh hati sama temen satu SMA gue.  Namanya Ayu, ga begitu cantik dan penampilannya juga biasa aja, beda banget lah sama mantan gue.  Tapi entah kenapa gue kayak ngerasa kalo dia lah yang gue cari selama ini.  Walau di lain sisi gue kayak nolak hal itu, tapi hati gue tetep maksa gue untuk berusaha mendapatkan hatinya.  Gue beraniin.  Belom apa - apa udah ngerasa beban banget karena dia pendiem dan tertutup gitu orangnya.  Setiap gue mau nyapa dia di sekolah, gue selalu ngerasa ragu dan takut.  Gue ragu kalo dia nyaman gue sapa dan gue takut kalo dia ga bakal bales sapaan gue.  Tapi gue coba cara lain, yaitu gue coba chat dia dari sosial media.

"Hai" sapa gue singkat.

"Hai, ini siapa ya?" tanya dia heran.

"Oh, iya ini Arfin anak kelas 3 SMA IPS" jawab gue jelas.

"Oh Arfin, yang kembar itu ya..." bales dia santai.

"Oh, iya haha, gue kembar terkenal ya..." jawab gue gugup.

"Haha, aku taunya sih dari temen ku, dia temen SD aku, katanya titip salam buat Arfan - Arfin yang kembar itu" kata dia jelas.

"Oalah, iyaiya... .  Gue sebenernya sering liat lu gitu di sekolah, tapi gue ragu buat nyapa... .  Ya abis, lu orangnya pendiem gitu sih..." bales gue berusaha cairin suasana.

"Haha, negor mah negor aja Fin, aku emang gitu orangnya harus di ajak ngobrol dulu baru cerewet..." bales dia jelas.

Kita berdua pun larut dalam chat yang gue mulai. 

Hari demi hari gue semakin sering chat sama dia.  Tapi setiap kali gue ajak dia jalan, dia selalu nolak.  Bahkan pernah suatu ketika, gue sama dia ada di mall yang sama, dia juga lagi jalan sendiri ga sama temen - temennya dan gue pun ngajak dia ketemuan pada saat itu.  Tetep aja dia nolak dengan alasan takut awkward.  Ya emang sih, kita berdua di sekolah juga ga pernah ngobrol, jadi alasan dia takut awkward kalo ketemu itu emang bisa diterima.  Tapi namanya gue waktu itu lagi pengen banget deket sama dia dan ngerasa niatan baik gue ditolak mentah - mentah sama dia, jadinya gue ngerasa dia ga hargain gue sebagai laki - laki yang gentle yang mau ngajak dia kenalan dengan cara ketemu.  Terlebih dia waktu chat sama gue juga bilang kalo dia harus diajak ngobrol duluan baru bisa akrab, ya bikin gue makin bingung buat deketin dia.

Pulang dari mall itu gue curhat sama sahabat gue Rara.  Karena dia cewek, jadi gue ngarepnya dia ngerti tentang kendala yang gue lagi hadepin sekarang.  Sayangnya dia malah ngomong yang enggak - enggak soal dia.  Mulai cerita lebay tentang masalalu Ayu sampe bikin gosip yang enggak masuk di akal.  Gue ga tau pasti sih kenapa Rara kayak gitu.  Saat itu gue ga mikir macem - macem soal Rara dan ga percaya - percaya amat sama kata - kata Rara tentang Ayu.  Tapi karna Ayu sering nolak kalo gue ajak pergi, gue jadi mikirin kata - kata Rara tentang Ayu.  Sempet pengen udahan aja deketin Ayu, tapi ga tau kenapa hati gue ga mau beranjak buat deketin Ayu.  Segala usaha dan perrjuangan entah apapun itu bentuknya, udah gue lakuin buat Ayu.  Ada sih perkembangannya, tapi cuma sedikit.

Karena manusia ada capek atau nyerahnya, gue pun merasa ga sanggup lagi buat deketin Ayu.  Jalan aja susah apalagi jadi pacarnya.  Gue pun memutuskan untuk berhenti ngejar - ngejar Ayu dan memulai pendekatan dengan Rara.  Awalnya gue agak mikir - mikir juga buat deketin Rara, karena Rara adalah sahabat gue di sekolah.  Tapi mengingat keadaan gue yang harus move on, gue pun menguatkan hati untuk deketin Rara.  Rara bisa dibilang cenderung lebih gampang.  Selain emang kita udah kenal deket, dia juga lebih terbuka dibanding Ayu.  Tapi waktu gue coba sekali jalan berdua bareng Rara, rasanya ada yang ga cocok dari tipe gue.  Sifat Rara yang agak manja keluar pas kita jalan berdua.  Sebelomnya gue ga pernah tau kalo Rara ternyata manjaan orangnya.  Yang selama ini gue tau dari sosok Rara adalah mandiri dan nurut sama mamanya.  Itu semua ada dipikiran gue karena mamanya Rara adalah seorang orangtua tunggal dan memiliki dua orang anak, Rara dan adiknya.

Tapi se-enggaknya gue bersyukur udah bisa tau sifat aslinya dia.  Gue juga paham sih, mungkin karena bokapnya udah nggak ada jadi dia butuh perhatian lebih dari laki - laki.  Lebih bakal gaenak lagi kalo gue tau sifat aslinya dia kalo gue udah keburu jadian sama dia dan usia hubungan udah ditengah jalan.  Guepun berdo'a kepada Allah dan meminta petunjuk yang benar.  Gue selalu percaya kalo mimpi adalah jawaban dari do'a yang gue panjatkan.  Karena abis gue berdo'a malemnya gue langsung mimpiin Ayu, guepun yakin bahwa memang Ayu lah yang terbaik buat gue.  Emang sebenernya hal itu udah terjawab dari dulu.  Guru - guru dari SMA gue, udah dari lama nyuruh gue untuk deketin Ayu.  Bahkan saat gue masih jadi pacarnya Zya, gue udah disuruh deketin Ayu sama guru - guru SMA yang akrab sama gue dan Ayu.

Sabar selalu gue lakuin sepanjang PDKT sama Ayu.  Sampe gue agak gerah karena nggak kesampean buat ajak dia jalan.  Guepun mutusin buat nembak dia lewat chat.  Dari awal gue emang udah pesimis duluan dan udah yakin kalo bakal ditolak sama dia.  Bener aja, dia minta waktu buat jawabnya.  Entah kenapa pada saat itu gue yakin kalo dia udah punya rasa ke gue, tapi dia belom bisa jawab karena harus izin ke orangtuanya.  Setelah gue tunggu selama sekitar 1 minggu, guepun ditolak.  Dari hari itu gue udah putus harapan sama Ayu dan coba menjadi jomblo kelas selama beberapa bulan atau bahkan tahun.  Tapi besoknya setelah Ayu nolak cinta gue, dia malahnyapa gue duluan.  Gue sebagai laki - laki yang baru dia tolak jelas bingung sama sikap dia.  Karena sepengalaman gue, cewek kalo udah nolak cowok pasti agak jaga jarak sama cowok itu.  Tapi gue berusaha nanggepin dengan biasa aja dan ga pake baper - baperan.

Setelah gue dan Ayu lulus SMA, Ayu mulai kode - kode ngajak gue jalan.  Karena kodenya sangat jelas, guepun peka dan bersyukur karna udah dikasih lampu hijau sama dia.  Guepun langsung ajak dia jalan ke mall yang deket dari rumah gue dan dia.  Seperti biasa, awal - awal jalan, pasti masih diem - dieman dan sedikit awkward juga.  Tapi gue enjoy aja dan berusaha bikin cair suasana.  Untungnya waktu awal jalan, gue ngajak Ucup dan juga Arfan.  Waktu itu, Arfan udah bisa jalan pelan - pelan walau masih ada selang yang bantu dia buang air kecil yang nyantol di paha.  Gue isi jalan pertama kali itu dengan main di "Timezone".  Dari situ gue tau kalo dia suka banget yang namanya main mini game.  Setelah puas main, gue ajak dia nonton di bisokop yang ada di mall itu.  Gue memilih film action karena gue udah bisa baca kalo dia suka film action.  Ternyata bener, dia suka film action dan ya, dia setipe lagi sama gue.

Setelah gue bisa ajak dia jalan, gue mencoba untuk lebih sering ngajak dia buat jalan berdua.  Sampe pada saatnya gue bisa bener - bener ajak dia jalan berdua, bener - bener cuma berdua.  Gue ajak dia jalan berdua lewat chat dan disaat gue lagi pulang kampung ke Kediri.  Waktu itu gue pulang kampung karena mumet di Jakarta.  Waktu gue di Kediri, gue tetep intens chat sama dia.  Bisa dibilang kita berdua udah kayak pasangan yang ga mau saling berjauhan.  Makanya gue beraniin buat ngajak dia jalan yang bener - bener cuma berdua.  Setelah gue balik ke Jakarta dan udah cukup istirahat beberapa hari setelah dari Kediri, gue pun jalan sama dia.  Seperti jalan gue sama dia yang biasanya, kita berdua nonton, makan, main dan ngobrol.  Tapi rasanya gue ga pengen gue nggak ngasih kepastian ke dia.  Apalagi gue sama dia udah mau kuliah yang artinya kita berdua akan sama - sama nemuin temen - temen baru ditempat yang berbeda.  Takutnya, kalo gue ga ngasih kepastian ke dia, gue bisa salah paham dan malah nyakitin hati dia.  Jadi walau gue udah pernah dia tolak, gue tetep beraniin buat nembak dia lagi demi ngasih kepastian buat dia.  Entah kenapa kali ini gue ngerasa optimis kalo gue bisa dapetin dia.  Gue pun langsung ngomong to the point aja sama dia.

"Yu, aku mau ngomong sesuatu sama kamu, tapi jangan jadi awkward ya... .  Setelah lama sering jalan sama kamu, aku ngerasa kayak makin deket sama kamu.  Aku sih pengennya kita lebih dari ini... .  Kira - kira, kamu mau ga jadi pacar aku?" Tanya gue tegas.

"Fin..., aku ga tau jawabnya gimana.  Sejujurnya aku juga ngerasa nyaman setiap jalan sama kamu... .  Mungkin mama ku waktu itu ga bolehin karena belum kenal..., mungkin aja sekarang boleh. Iya Fin, aku  au jadi pacar kamu" jawabnya dengan sedikit malu - malu.

Denger jawabannya, guepun seneng sekaligus gapercaya sama apa yang dia bilang tadi.  Tapi karena itu, gue juga jadi mikir "apa Ayu akan diterima sama nyokap gue ya?".  Tapi bahagia gue mengalahkan kerisauan gue.  Gimana nggak bahagia, sesosok cewek yang selama ini gue incer - incer dan susah dikejar, akhirnya jadi milik gue.

Hari demi hari kita lewatin bareng - bareng dengan senyuman.  Dia beda banget sama Zya yang suka heboh, meledak - ledak dan manja.  Gue ga tau sih ini karena masih baru pacaran apa gimana, yang jelas dia sih udah lebih terbuka ketimbang dulu waktu gue masih PDKT sama dia.  Untuk sejauh ini Ayu masih merupakan sosok yang gue sambakan.  Perkataannya yang jujur, sifat gemesinnya setiap dia mau bayarin gue makan, dan semangatnya setiap mau jalan sama gue, buat gue tergila - gila sama dia.  Sampai suatu ketika saat dia ulang tahun, guepun beliin kado yang sangat spesial buat dia.  Gue beliin dia sepatu lari yang lumayan mahal.  Gue kasih dia kado itu tujuannya sederhana, karena gue liat dia orangnya mageran dan susah diajak olahraga, jadi gue berharap setelah dia dikasih sepatu itu dia akan semangat kalo gue ajak olahraga.  Dia seneng banget waktu gue kasih kado itu, dia bilang bahwa pemberian gue itu beelebihan buat dia.  Tapi bagi gue sih, ga ada yang berlebihan kalo buat sesosok cewek yang udah nyelamatin hidup gue.

Namun suatu hubungan ga bisa dari awal udah semulus mobil baru.  Gue berjuang buat dapetin hati orang tuanya dan dia juga berjuang untuk bikin nyokap gue restuin hubungan kita berdua.  Jujur aja, nyokap gue itu sayang banget sama yang namanya Zya.  Gue wajarin sih, karena emang udah deket banget dan nyokap gue udah anggep dia kayam adek gue sendiri.  Sampe waktu itu pas gue sama dia ada masalah, nyokap selalu belain dia.  Pokoknya udah kayak adek gue banget deh.  Emang sih, Zya juga kalo ada masalah, larinya selalu ke nyokap gue.  Ya jadi ga salah emang kalo nyokap udh terlanjur sayang sama Zya.  Cuma gue ngerasa semua ini ga adil aja.  Zya yang ninggalin gue, tapi malah dia yang terus dibela sama nyokap.

Terlepas dari masalah dan perjuangan kita berdua, kita berdua jalanin itu semua tetep dengan senyuman.  Gue salut sama dia karena dia terus sabar ngadepin segala rintangan demi bisa dapetin restu dari nyokap gue.  Hal yang buat gue sempet sedih adalah, saat gue, Arfan, bokap dan nyokap gue lagi mau makan di suatu restoran di salah satu mall besar di daerah Jakarta Barat dan tiba -  tiba ga sengaja ketemu Ayu yang lagi duduk ngerjain tugas sambil nunggu papanya.  Dengan sopan Ayu langsung salamin nyokap gue tapi nyokap gue cuma senyum aja dan ga ngajak dia buat ikutan makan bareng.  Mungkin aja kalo dia adalah Zya, kayaknya ga mungkin deh nyokap gue biarin dia sendirian duduk dan ngerjain tugas.  Kadang gue sendiri suka malu kalo gue ngeluh dalem hati pas dia minta gue temuin papanya sebelum gue ajak dia jalan.  Gue berpikir, perjuangan gue itu ga ada apa - apanya ketimabng perjuangan dia.  Sedangkan dia itu cewek yang harusnya lebih berjuang sedikit ketimbang cowoknya yaitu gue.

Emang sih dari Zya gue dapet ratusan hal baru.  Tapi, dari Ayu gue bukan cuma dapet hal baru, tapi juga dapet 'tamparan' buat diri gue sendiri yang membuat mata gue melek.  Gue belajar bahwa ga selamanya cewek manja dan selalu minta dingertiin.  Kali ini gue ketemu Ayu yang bener - bener mau berjuang bareng, enggak nelen enaknya doang.  Emang sih dari usia, Ayu jauh lebih 'mateng' dibandingin Zya.  Tapi secara pengalaman sebenernya Zya lebih 'mateng' dibandingin Ayu.  Jadi gue liat ini karena emang ajaran orangtua yang berbeda dan lingkungan Ayu kayaknya lebih mendukung buat gue seriusin ketimbang Zya.





Komentar

Postingan Populer