Proses

Dunia ini terus berputar, ga mikirin apa perasaan penduduknya.  Putaran bumi tidak hanya mengubah cuaca dan hal - hal yang berhubungan dengan alam lainnya.  Tapi putaran bumi juga mengubah emosi kita, masalah baru perlahan - lahan bermunculan tanpa kenal waktu.  Semakin dewasa, masalah semakin banyak dan tanggung jawab semakin membuat rumit keadaan.  Itu kenapa jaman sekarang diumur yang mateng, punya pacar itu udah kayak suatu kewajiban yang nggak dicatat dalam buku hukum.  Banyak jomblo diluar sana yang sampe sekarang masih takut atau malu kenalan dengan lawan jenis dan akhirnya malah kenalan sama narkoba, miras, rokok, dan lain sebagainya.

Deketin diri ke Tuhan adalah satu - satunya jalan kalo kita ga mau punya pacar.  Tapi kita ga bisa munafik, kebanyakan dari kita yang hidup di Jakarta lebih mementingkan urusan duniawi ketimbang urusan akhirat.  Kayaknya di jaman sekarang, pacaran bisa berarti positif berbanding terbalik dengan jaman orangtua kita dulu asal pacar kita juga merupakan pribadi yang positif.  Karena jujur aja, anak - anak jaman sekarang lebih banyak yang lebih dengerin kata temen atau pacar dibandingin kata orangtua mereka.  Misal, kalo pacarnya bilang "jangan ngerokok", ada kemungkinan 80% kita bakal berhenti ngerokok.  Sedangkan, kalo orangtua kita yang bilang "jangan ngerokok", kemungkinan terbesar kita akan berhenti hanya 70% kecuali kalo kita udah diomelin sama mereka.  Itu lah alasan gue kenapa gue memilih untuk pacaran diusia gue yang baru 'mateng' ini.

Ayu sampe sekarang masih memberikan citra positif buat gue.  Ya, gue harapin sih akan terus begini.  Tapi anak baik - baik juga dateng dari orangtua yang perhatian dan protective sama anaknya.  Apalagi Ayu adalah anak perempuan paling kecil di keluarganya.  Pasti orangtuanya pengen dia dapet yang baik dan tepat.  Papahnya merupakan sosok yang tegas, disiplin dan baik bagi gue.  Begitu juga dengan mamahnya.  Komplain sih pasti ada setiap abis jalan sama dia.  Tapi gue rasa itu berguna banget buat gue belajar dan mengenal Ayu lebih dalem lagi.  Karena kalo kita (cowok) berani macarin anaknya, kita harus siap menerima beban yang diberikan orangtuanya.  Bagi gue, pacaran diem - diem itu bener - bener ga sehat.  Karena selain kita berdua yang jalanin kemana - kemana bawaannya khawatir, hal itu juga dapat melahirkan rasa ingin tau yang menjelma jadi suatu kenekatan yang bisa menjerumuskan kita ke jalan yang sesat akan berdampak sangat negatif buat diri kita dan pastinya cewek kita.  Jadi gue paling ngindarin banget yang namanya 'pacaran diem - diem'.

Pastinya bukan hal yang gampang buat PDKT sama orangtuanya.  Kalo PDKT ke dia aja udah susah, pasti ke orangtuanya juga lebih susah.  Pertanyaan demi pertanyaan gue dapetin dari orangtuanya.  Gue sering banget jemput dia kalo mau jalan berdua dan pasti pamitan ke orangtuanya dulu.  Entah mamahnya atau papahnya, yang jelas orangtuanya selalu ngasih pesen "tolong jaga Ayu baik - baik".  Ayu emang belum pernah punya pacar sebelumnya dan pastinya ini juga hal pertama buat orangtuanya.  Ga boleh nonton berdua, menjadi larangan klasik yang mamahnya selalu bilang setiap gue sama dia mau jalan.

Ga cuma gue yang mengalami masalah itu.  Dia pun juga mendapatkan kendala yang sama, bahkan lebih berat dari gue.  Selain nyokap gue yang belum terima dia sepenuhnya, orang - orang di lingkungan gue juga belum bisa nerima dia sepenuhnya.  Bayang - bayang Zya masih sangat nyata di tengah mereka.  Memang perbedaan fisik yang menonjol dan ke akraban yang udah terjadi selama 3 tahun tidak dapat dilupakan begitu saja oleh orang - orang yang ada di lingkungan gue.  Gue salut dan makin sayang sama dia karena dia bisa tegar lewatin ini semua.  Cewek - cewek pada umumnya cenderung ngambek kalo pacarnya ngomongin mantan.  Tapi beda sama Ayu.  Dia lebih mengerti dan dewasa.  Dia paham apa tujuannya gue ngomongin mantan di depan dia.  Emang dia bukan tipikal cewek yang suka langsung meledak - ledak.  Walau begitu, Ayu semakin belajar untuk lebih peka ke gue.

Tanggal 5 November 2017, nyokap gue ulang tahun yang ke 56.  Ayu, gue dan Arfan ngerencanain surprise buat nyokap gue.  Walau surprisenya kecil - kecilan, tapi kita bertiga patungan dan rencanain semua dengan matang.  Kita bertiga pergi ke salah - satu mall besar yang ada di Jakarta dan kita membeli cake yang menurut kita bakal enak kalo dimakan nantinya.  Tapi seperti kue pada umumnya yang hanya dapat bertahan 2 jam di luar kulkas.  Padahal dari mall itu ke rumah gue jalanannya cukup macet dan kita bertiga lari - lari dari toko kue ke lobby buat menyelamatkan kue itu.  Tapi karna emang dasarnya doi gue ga suka olahraga, jadi gue musti 'geret - geret' dia biar bisa lari dan itu lucu banget.  Kitapun berhasil membawa kue itu ke rumah gue dengan selamat.  Kita bertiga langsung kasih surprise ke nyokap gue dan tanpa diduga nyokap gue seneng.  Walau begitu sikap nyokap gue ke Ayu masih sedikit dingin.  Tapi gue seneng melihat bahwa Ayu dibalik sifat pendiamnya juga memiliki keberanian yang luar biasa.  Itu terlihat dari sifat pantang menyerah nya untuk deketin nyokap gue agar bisa akrab.

Ga cuma Ayu yang pelan - pelan berhasil mengambil hati nyokap gue, tapi gue juga pelan - pelan berhasil mengambil hati nyokapnya Ayu.  Dari yang awalnya nyokapnya kurang percaya sama gue, sampe saat ini akhirnya beliau mau menerima gue.  Itu semua terlihat jelas dari omongan nya ke gue dan bercandaan nyokapnya ke Ayu.  Misalnya setelah Ayu ke rumah gue saat nyokap gue ulang tahun, nyokapnya ngomong, "berarti ade udah akrab dong ya sama calon mertua".  Itu sontak membuat gue kaget waktu Ayu ngasih tau gue tentang hal itu.  Gue ga nyangka aja baru beberapa bulan pacaran, nyokapnya udah bisa bercanda kayak gitu.  Buat gue itu merupakan suatu prestasi tersendiri.  Ga cuma ngajak dia jalan, nyokap dan bokapnya juga udah berani bolehin gue main ke rumahnya walau dirumahnya lagi ga ada bokap dan nyokapnya.  Emang sih di rumahnya selalu ada budenya yang jaga dan masak di rumah itu.

Namun satu hubungan nggak mungkin selalu berjalan mulus.  Setelah orangtuanya percaya sama gue dan bolehin gue ngajak jalan dia dan main ke rumahnya, tiba - tiba nilai dia di kuliahnya mendadak anjlok.  Orangtuanya langsung mengira kalo itu semua karena dia pacaran sama gue.  Gue langsung ngerasa sedikit bersalah walau dia terus yakinin gue kalo itu semua bukan salah gue tapi emang salah dia yang dari awal sebenernya ga yakin sama jurusan yang dia pilih.  Tapi tetep aja, gue jadi down dan agak sunkan kalo mau ngajak jalan dia.  Padahal rasa kangen selalu menyelimuti gue disaat ramai maupun sepi.  Kadang - kadang rasa itu membawa gue jauh ke masa lampau yang nggak gue pengenin.  Gue ga mau kegagalan yang terjadi waktu gue pacaran sama Zya terulang lagi.  Jelas, gue ga mau gagal lagi.  Dari situ gue paham kalo gue emang belum 100% move on dari Zya.  Mungkin bener kata temen - temen gue, "move on itu ga bakal mungkin, yang mungkin cuma pura - pura lupa".  Emang sih kadang gue masih suka mikirin kabarnya Zya bahkan sampe ngebayangin dia lagi ngapain.  Tapi hal selalu gue lawan dan fokus sama apa yang ada di depan mata gue.

Sebenernya dari Ayu gue ga banyak kecewa sih, bahkan kalo bisa jujur hampir ga ada satu halpun yang gue ga suka banget dari dia.  Sifat dia sama Zya beda jauh.  Dia jauh lebih respect daripada Zya.  Contohnya pas dia lagi jalan dan nonton sama temen - temennya dan gue nyusul.  Dia langsung ajak gue untuk duduk disampingnya dan setelah nonton, dia langsung pamit ke temen - temennya dan ngajak gue jalan berdua.  Coba kalo sama Zya, fix banget gue yang ditinggal.  Walau pendiem tapi Ayu tetep punya inisiatif untuk menunjukan bahwa dia sebenernya peduli dan sayang sama gue.  Hal - hal kecil yang Ayu kasih ke gue, selalu bisa membuat gue jatuh cinta lagi dan lagi dengan Ayu.  Namun, entah kenapa setiap malam yang gue lewatin belum bisa sepenuhnya buat Ayu seorang.  Gue masih sering memikirkan Zya.  Kabarnya, lagi apa dia, sampe mikirin apakah dia masih suka mikirin gue juga.  Gue tahu hal itu ga bagus buat hubungan gue dan Ayu.  Sehingga, gue memutuskan untuk mencoba menghilangkan pemikiran itu.

Karena nyokap gue adalah sosok yang sangat perhatian dengan anak - anaknya, gue dan kembaran gue memiliki psikolog langganan yang biasa membantu gue dan kembaran gue dalam menyelesaikan masalah - masalah yang mungkin sulit untuk diselesaikan sendiri oleh kita berdua.  Sebenernya udah lama semenjak gue masuk kuliah, gue udah nggak pernah berbincang dengan psikolog itu.  Hingga suatu ketika gue menyudahi kuliah gue karena merasa tidak nyaman dengan lingkungannya dan memutuskan untuk pindah ke universitas baru yang sempat menjadi pilihan pertama gue dulu.  Karena nyokap gue ingin memastikan tentang keseriusan gue pindah sekolah, jadinya nyokap gue meminta gue untuk bertemu dengan psikolog itu lagi.  Namun setelah gue duduk dan ia membuka pembicaraan, gue terkejut dengan apa yang ia tanyakan ke gue.

"Jadi giman hubungan asmara kamu sekarang?" tanyanya dengan sepontan.

"Lho kok nanya gitu bu?" jawab gue balik bertanya kepadanya.

"Ya ga apa - apa.  Ibu penasaran aja.  Karena kalau tidak salah ibu dengar dari bunda kalau kamu sudah punya pacar lagi..." jawabnya jelas.

"Oh, iya bu, namanya Ayu. Dia Mahasiswi Kedokteran disalah-satu universitas ternama di Jakarta" bales gue sekenannya.

"Wah, ayah kamu pasti suka ya... .  Karena setahu saya ayah kamu suka sama orang yang berpendidikan..." balasnya jelas.

"Iya keliatannya sih gitu bu..., semoga aja lah ya..." jawab gue sekenannya.

Obrolan kamipun berlarut dan membuat suatu kesimpulan yang cukup mengejutkan.  Untuk pertama kalinya psikolog itu mendukung gue.  Psikolog itu mendukung gue untuk tetap memperjuangkan cinta gue dengan Ayu.  Hal itu sangat bertentangan dengan nyokap gue yang saat itu belum bisa menerima Ayu sepenuhnya.  Gue pun jadi semangat untuk lanjutin hubungan gue sama Ayu.  Walau sejauh ini gue ga tau pasti apakah hubungan kami berdua bisa terus berlanjut hinggan ke rana pernikahan atau tidak, tapi gue memilih untuk jalanin hubungan ini dengan apa adanya dan memilih untuk tidak mengulangi semua kesalahan yang pernah gue alami dulu saat masih bersama Zya.

Namun memang semuanya tidak mungkin berjalan mulus sesuai keinginan.  Menjelang setahunnya hubungan gue dan Ayu, gue mulai merasa jika orangtuanya tidak merestui hubungan kami berdua sepenuhnya.  Otak gue mulai mengirim pesan kepada hati gue untuk memunculkan rasa ingin menyudahi hubungan ini.  Kalian mungkin ada yang belum tau rasanya ketika kita harus menghadapi kenyataan yang pahit ditengah perjalanan perjuangan yang kita sedang mulai.  Rasanya sangat kecewa dan membuat gue ingin menyerah saat itu.  Gue pun berkata jujur kepada Ayu tentang keinginan gue ini.  Tapi ia selalu jawab dengan satu jawaban yaitu, "nggak mau".  Gue ngerasa Ayu udah terlanjur sayang banget sama gue dan susah baginya untuk pisah sama gue.  Gue pun galau.  Di satu sisi gue sangat sayang sama dia, tapi di sisi lainnya, gue gamau pacaran sama orang yang orangtuanya tidak memberikan restu terhadap hubungan itu atau bahkan nggak bisa menghargai perjuangan gue.

Otak gue kembali membawa gue melayang melintasi dimensi ruang dan waktu yang akhirnya mengakhiri perjalanannya pada saat gue masih dengan Zya.  Waktu itu gue sedang pergi ke salah-satu tempat wisata di Jakarta yang bernama Kota Tua.  Saat itu gue dan Zya lagi asik suap - suapan berdua seperti pasangan pada umumnya.  Ditengah kemesraan kita, Zya tiba - tiba membuka pembicaraan yang serius.

"Bii..., kalo nanti aku udah lulus SMP, kita bakalan terus kayak gini ga ya?" tanyanya sambil sedikit menekuk bibir manisnya itu.

"Kamu ngomong apa sih Bii..., mudah - mudahan masih lah... dan harusnya masih." jawab gue meyakinkan.

Kami berduapun langsung melanjtukan jalan - jalan dan pikiran ku kembali membawa ku jauh - jauh dari masalalu.  Gue mengambil hikmah dari kejadian itu. Rencana manusia tinggal lah rencana. Kita sebagai manusia hanya bisa berserah padaNya.  Jika Ia tidak mengizinkan, maka selesai lah semuanya.

Akhirnya gue dan Ayu mencapai umur 1 tahun pada 15 Agustus tahun 2018.  Gue merasa semakin sayang dengannya dan semakin ingin untuk berjuang bersamanya.  Namun ku baru ingat jika tanggal 18 Agustus nanti adalah ulangtahun Zya dan gue sudah tahu jika nyokap gue pasti datang ke acara itu.  Bagaimana tidak, disamping nyokap gue adalah kerabat bisnis nyokapnya, rasa nyokap gue ke Zya tidak dapat dipungkiri.  Nyatanya walau gue udah bisa berpaling dari Zya, nyokap gue belum.  Itu terlihat ketika ia sedang membuatkan kartu ucapan untuk Zya.  Ia ingin kartu ucapan itu benar - benar original darinya.  Sampai - sampai nyokap gue rela begadang semalam penuh.

Komentar

Postingan Populer