Starter

Starter dalam dunia otomotif dapat diartikan sebagai hal yang berfungsi untuk menghidupkan kendaraan. Baik motor, mobil dan kendaraan lainnya. Tapi starter juga bisa diumpamakan sebagai permulaan. Sama halnya dengan di saat kita menaiki motor atau ingin mengemudikan mobil. Hal pertama yang tidak boleh lupa kita lakukan adalah me-starter kendaraan kita. Maka dalam hidup, jika kita ingin memulai sesuatu, maka kita juga harus memulainya dari awal. Mungkin bisa dibilang Rebel MC adalah 'starter' hidup saya. Rebel MC adalah club motor yang saya dan kawan-kawan bangun dari 18 Agustus 2013, persis setelah hari kemerdekaan Indonesia. Saya paham, akan pemikiran orang-orang awam tentang club motor itu pasti anarkis, bebas dan banyak lagi hal negatif yang terbesit dibenak mereka. Ya, memang harus saya akui, media sering me-cover beberapa kejadian negatif yang kebetulan melibatkan club motor.

Rebel MC terbentuk menggunakan fondasi-fondasi tersebut. Kami membangunnya dengan harapan mereka yang awam akan paham jika club motor itu bisa bernada positif jika didengar perlahan dan pasti. Kami dapat pastikan bahwa Rebel MC tidak akan dapat disamakan dengan club motor lain. Saya Rendi merupakan salah-seorang anggota Rebel MC akan berbagi kisah-kisah menakjubkan yang sudah saya lewati bersama saudara-saudar saya, anggota Rebel MC.

Doni
Sosok yang cerdas, berwibawa juga berani. Dia juga merupakan seorang aktivis HAM di Indonesia. Walau ia adalah seorang anak dari pejabat negara, Doni tetap berani dan lugas untuk memperjuangkan HAM yang menurutnya masih harus terus diperjuangkan. Dengan sifat-sifat seperti itu sudah pasti Doni kami anggap sebagai pemimpin kami. Walau Doni sangat tidak ingin ada kasta didalam Rebel MC, namun kami semua setuju jika kami tetap butuh seseorang yang dapat menjaga, mengatur dan menenangkan kami. Kami merasa orang yang tepat untuk itu adalah Doni. Doni dipilih oleh 100% anggota kami tanpa ada yang ragu sedikitpun. Entah mengapa setiap kali ia masuk ke markas besar kami, kami yang sedang berada di sana merasa tenang, aman dan kagum. Entahlah, ia seperti memiliki aura khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Namun Doni juga seorang manusia yang tidak sempurna. Doni memiliki beberapa kelemahan yang cukup berpengaruh dengan perjalanan panjang Rebel MC. Kelemahan Doni yang pertama adalah ketika ia sedang sedih semangatnya yang semula membara, akan padam seketika. Hal itu benar-benar mempengaruhi anggota Rebel MC lainnya apalagi kalau sedang ada masalah yang harus kami selesaikan. Kelemahan Doni yang kedua adalah rasa cintanya terhadap seorang wanita yang setiap kali Doni memikirkannya pasti konsentrasinya terbuyar. Hal itu sangat berbahaya jika terjadi ditengah turing yang kami rutin lakukan setahun-sekali untuk memperingati hari jadi Rebel MC (18 Agustus 2013).

Namun jiwa kepemimpinan Doni sangat dapat diandalkan. Mungkin itu disebabkan oleh didikan orangtuanya. Walau orangtuanya adalah pejabat negara, namun keduanya sangat ramah, jujur dan baik. Mereka berdua tidak seperti pejabat negara kebanyakan yang memanfaatkan segala dispensasi yang negara berikan dan terlebih jika bisa mencari celah untuk memperkaya diri sendiri. Mungkin hal itu juga yang membangun jiwa Doni menjadi seperti sekarang ini. Amanah, jujur, tanggung jawab dan berwibawa. Yang dimana sifat-sifat itu adalah sifat pemimpin yang kami semua butuhkan.

Roy
Roy adalah wakil ketua Rebel MC. Roy merupakan sosok yang kaya, arogan namun sangat setia kawan. Roy kami pilih menjadi wakil dari Doni karena Roy cukup bisa menopang Rebel MC dari segi solidaritas dan juga finansial. Mau bagaimanapun kami butuh sosok yang dapat menyatukan kami dan menjaga agar Rebel MC tetap berdiri. Roy merupakan seorang anak laki-laki dari keluarga Hartono yang sudah terkenal dengan kekayaannya yang sepertinya tidak habis-habis.

Roy pernah melakukan beberapa hal yang tidak dapat kami pungkiri. Salah-satunya ketia ia memberikan sebuah motor kepada Andre (salah-seorang anggota Rebel MC). Roy memberikan motor sport mahal kepada Andre dengan cuma-cuma hanya karena motor Andre dicuri. Itu membuat kami sangat yakin jika walaupun terkadang sifat arogannya membuat kami kesal, Roy juga merupakan pribadi yang sangat setia kawan. Roy memang pernah berkata bahwa kami adalah keluarga keduanya. Roy juga membelikan kami 5 motor besar mewah hanya untuk motor cadangan kami.

Namun Roy juga seorang yang arogan. Sifat itu terlihat dari cara Roy mengendarai motornya. Pokoknya jangan sampai ada riders yang memancing emosi Roy. Kalau ada satu aja riders yang memancing Roy, Roy akan gampang terpancing dan hal itu sangat berbahaya untuk dia dan juga anggota Rebel MC yang lainnya. Ke-aroganannya itu memang terkadang menjengkelkan, namun mau bagaimanapun kami tetap membutuhkannya dan juga sudah menganggap Roy seperti kaka kedua kami setelah Doni.

Rey
Mungkin dari namanya kalian sudah bisa menebak kalau Rey adalah saudara kandung dari Roy. Lebih dari sekedar saudara kandung, Rey adalah saudara kembar dari Roy. Beruntung Rey seorang perempuan, sehingga kami dapat dengan mudah membedakan keduanya. Namun berbeda dengan Roy, Rey sangat anggun dan sopan. Namun peranan Rey terhadap Rebel MC tidak kalah penting dengan saudara kembarnya itu. Rey adalah seorang bendahara untuk Rebel MC. Hal itu kami putuskan agar Roy bisa dengan gampang mengetahui kemana uang kas Rebel MC yang memang lebih banyak berasal dari kantongnya itu mengalir.

Pada awalnya, Rey tidak terlalu suka menunggangi motor. Ia lebih suka menunggangi kuda kesayangannya yang bernama Bulky. Namun tiba-tiba Rey muncul di markas besar kami dan memutuskan untuk bergabung dengan Rebel MC. Kami semua curiga kalau Rey jatuh hati dengan Doni. Sehingga ia tiba-tiba mau bergabung dengan kami. Namun setelah lama bergabung, kami sepakat bahwa Rey sangat dapat kami percaya dan andalkan untuk menjadi bendahara kami. Disamping ia memang sudah sangat kaya sehingga rasanya tidak mungkin jika ia menggunakan uang kas Rebel MC untuk keperluannya pribadi, Rey juga sangat teliti dalam mengerjakan hal itu.

Sebagai satu-satunya perempuan di Rebel MC memang sudah pasti membuat ia menjadi yang tercantik. Tapi, ia memang benar-benar cantik. Pokoknya saya tidak pernah merasa bosan ketika melihat wajahnya. Dan udah pasti dengan kekayaannya, ia bisa melakukan perawatan-perawatan mahal khas wanita sehingga walau ia tidak pernah absen turing setiap tahun, kulitnya tetap terawat dan benar-benar mulus nan eksotis.

Beno
Ibaratkan bengkel berjalan, Beno memang selalu kami andalkan. Jika ingin turing, Beno pasti sudah menjadi orang yang tertulis di daftar peserta. Berawal dari hanya sebagai asisten saya, hingga ia akhirnya diberikan sebuah motor besar buatan Amerika dari Doni dan Roy. Peduduk asli Banten ini benar-benar menganggap kami sebagai keluarganya. Bahkan ia tidak pernah menolak setiap kami meminta bantuan kepadanya. Tanpa ada rasa berat hati, yang dibuktikan oleh wajahnya yang walau kadang letih namun selalu pada ekspresi yang menggembirakan. Baginya berada ditengah-tengah kami saja sudah suatu kebanggaan dan impiannya yang sudah tercapai.

Bapaknya sudah meninggal saat berdemo menolak penggusuran rumah-rumah di kampung mereka. Berangkat dari kenangan pelik itu, Beno tidak pernah absen jika diajak untuk menghadiri acara Kamisan yang biasa ia hadiri bersama Doni. Terik mentari tak akan pernah memadamkan semangatnya yang sudah terlanjur membara itu. Di depan istana Presiden lah setiap hari Kamis ia bersuara dan menunggu keadilan itu datang. Tak heran jika dirinya sangat mengidolakan Doni dan selalu menghormati Doni. Baginya, Doni adalah aktivis yang ideal dan berkualitas tinggi. Tidak seperti aktivis lainnya yang terkadang meminum air saat sedang menyelami pilunya ketidak adilan yang terjadi.

Kemahirannya dalam menjadi montir tidak lepas dari pekerjaan sang ayah yang selama hidupnya menggunakan kunci-kunci untuk bekerja. Walau Roy dan Doni berkali-kali sudah ingin membiayai kuliahnya

Saya
Yap, seperti yang saya sudah sampaikan sebelumnya. Nama saya Rendi, seorang rakyat biasa yang beruntung dapat bergabung dengan Rebel MC dan menemukan keluarga baru di dalamnya. Karena saya seorang anak yatim dan piatu, maka saya sedari kecil terbiasa mandiri. Mendirikan usaha saya (bengkel) pelan-pelan namun pasti dan beruntung usaha saya tidak mengkhianati hasil. Sekarang bengkel saya sudah menjadi bengkel yang fenomenal. Berdiri di kawasan strategis, dengan lahan yang sangat luas dan juga menjadi markas besar Rebel MC. Tekat dan semangat saya sangat besar untuk Rebel MC. Saya merasa berjuang bersama anggota yang lain adalah suatu anugerah untuk saya. Saya juga merasa nyaman dan aman ketika sedang berada ditengah-tengah mereka. Saya juga siap berkorban apapun untuk Rebel MC.

Sebenarnya masih banyak anggota kami yang lain. Tapi rasanya akan nemakan cukup banyak waktu kalau diceritakan satu-persatu. Mengingat anggota kami mencapai angka 100 orang yang tersebar di beberapa wilayah JABODETABEK. Jadi saya hanya dapat menceritakan anggota inti atau faunder daripada Rebel MC. Namun bukan berarti saya tidak menghargai anggota lain (selain founder Rebel MC). Saya sadar betul jika tanpa mereka (semua anggota Rebel MC), mungkin kami tidak bisa menjadi sebesar ini.

Dalam perjalanan kami, kami tidak henti-henti mendapatkan cobaan atau rintangan yang bisa dibilang cukup berat. Namun karena solidaritas dan kekeluargaan kami yang erat, kami dapat melaluinya tidak  hannya dengan duka, namun juga dengan suka cita dan juga semangat yang membara di hati kami. Apa yang kami rasa benar, maka kami akan lakukan dan jika kami rasa salah, maka kami tidak akan lakukan.

Komentar

Postingan Populer